Tips Berkendaraan

Siapapun tentu tidak ingin mengalami kecelakaan di manapun dan kapanpun. Setiap orang pasti berharap selalu dalam kelancaran dan kemudahan ketika beraktifitas sehari-hari. Resiko terkena kecelakaan dapat menimpa siapa saja, kapan, dan di mana saja. Peristiwa kecelakaan yang terjadi di Tol Jagorawi  dini hari tadi (8/9/13) dapat menjadi gambaran betapapun kita sudah di lintasan dianggap benar tetap saja kecelakaan dapat terjadi. Melihat maraknya angka kecelakaan di Indonesia terutama di jalan raya membuat siapa saja harus ekstra waspada dalam mengantisipasi segala kemungkinan mengenai kecelakaan di jalan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berkendaraan menurut saya antara lain:

1. Pastikan Kendaraan anda dalam keadaan prima

Kendaraan yang ibarat senjata yang akan digunakan saat berperang. Jika kendaraan yang kita bawa dalam keadaan prima maka kejadian seperti mogok di jalan, kehabisan bahan bakar, rem blong dan kejadian fatal lainnya yang sampai derajat tertentu dapat menyebabkan kecelakaan dapat dihindari.

2. Pastikan perangkat keselamatan yang sesuai dengan standar

Jika mengendarai motor tentu saja perangkat standar yang biasa digunakan para riders adalah helm yang sesuai standar atau sekarang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Saya pernah menyaksikan langsung pengendara motor di depan saya terjatuh dan kepalanya terbentur langsung ke aspal. Syukur (ciri khas orang Indonesia,hehehe) kepalanya menggunakan helm yang berkualitas baik, sehingga ketika kepalanya membentur aspal resiko cedera sangat minim. Coba kalau menggunakan helm abal-abal (asli tapi palsu) tentu tidak akan ada yang tahu nasib kepalanya seperti apa. Lebih baik membayar lebih untuk keselamatan dibanding murah dan tidak selamat. Jika membawa kendaraan lain seperti mobil tentu sabuk pengaman menjadi hal yang sangat penting. Sayangnya beberapa orang merasa bahwa sabuk pengaman itu membatasi gerak tubuh ketika mengemudi.

3. Jangan Bengong

Bengong atau melamun adalah gejala yang membahayakan pengendara. Tidak ada waktu untuk bengong atau melamun di jalanan. Bengong persekian detik dapat berakibat fatal bagi pengemudi. Hilang kontrol karena tidak fokus pada proses mengendari mobil atau motor dapat membuat jiwa kita terancam. Jadi buang jauh-jauh pikiran galau dan beban kerja yang menumpuk selama mengemudi.

4. Patuhi rambu lalulintas dan posisi jalan

Patuh ada aturan lalulintas adalah sesuatu yang biasa saja. Aturan di jalan tentu dibuat untuk ditaati karena memang sudah mempertimbangkan segala aspek keselamatan. Sayangnya di jalan aturan hanya sebatas aturan. Kesadaran tertib berlalu lintas masih belum membumi. Jika ada Polisi tertib, jika tidak ya wasalam. Lampu merah bukan jadi arena berhenti  karena akan ada kendaraan dari jalur lain yang akan melintas tetapi sudah jadi arena start persaingan Moto GP. Setiap lampu merah setiap pengendara sudah siap menginjak gas dan menggaspol bahkan ada yang tidak perduli dengan rambu lalu litas. Sepertinya jika Valentino Rossi ikut dalam track balap di jalanan Jakarta akan menyerah karena garangnya pengemudi motor di Jakarta. Selain di lampu merah masuk Jalur busway dan melawan arah masih jadi tontonan sehari-hari.

5. Tidak membawa kendaraan dalam keadaan mengantuk

Mengantuk adalah salah satu sebab terjadinya kecelakaan. Jika mengantuk lebih baik kita menepi dan beristirahat, boleh sejenak boleh lama. Jangan sampai lenggutan sedetik karena mengantuk mengantarkan kita kepada kecelakaan fatal. Bolehlah jika mengantuk mampir ke warung terdekat atau rest area terdekat untuk mengistirahatkan diri. Ingat tubuh punya mekanisme sendiri untuk mengistirahatkan diri.

6. Membaca doa

Jangan lupa membaca doa setiap mulai berkendaraan. Dimulai dengan doa berarti kita memasrahkan segala yang terjadi kepada sang Maha Pengatur. Dengan berdoa juga berarti kita memiliki harapan kuat agar perjalanan yang ditempuh selalu dalam perlindungan dan kelancaran.

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: