Catatan Harian

Syukur

Bersyukur adalah anjuran agama. Dalam Al Quran orang yang bersyukur nikmatnya akan ditambah. Jika mengunakan definisi lepas, bersyukur dapat diartikan menyadari setiap yg dimiliki adalah anugerah yang tidak pernah ternilai harganya. Sayangnya rasa syukur lebih mudah diucapkan dari pada dilaksanakan. Terkadang sering saya tidak merasa bersyukur padahal segala yang saya rasakan dan sudah dapatkan teramat luar biasa. Dimulai dari hal yg terkecil saja misalnya kelengkapan anggota tubuh yang kita miliki saja seharusnya rasa syukur kita sudah luar biasa. Beberapa hari sakit saja sudah sangat terasa bahwa nikmat sehat itu sangatlah menyenangkan. Cobalah sesekali berkunjung ke rumah sakit. Nikmat sehat yang kita miliki sangat luar biasa. Jika ada di rumah sakit kita akan melihat dan mendengar beragam keluhan dari pasien juga melihat betapa mereka bersemangat dalam usaha agar penyakitnya dapat diobati. Sayangnya seringkali rasa syukur itu baru ketika kita ditimpa kesulitan. Baru sadar bahwa yang kita miliki sangat berharga. Kita merasa yang kita miliki sangat berharga ketika kehilangan.

Saya pribadi merasa seringkali diingatkan untuk selalu bersyukur melalui peristiwa sehari-hari. Misal ketika berangkat dan pulang kerja, saya merasa sangat bersyukur mengendarai sepeda motor di saat orang lain berdesakan di dalam angkutan umum. Walaupun panas mengendarai motor rasanya lebih nikmat dibanding dengan berdesakan di dalam angkutan umum. Pernah saya coba naik Transjakarta di pagi hari, wow rasanya luar biasa karena di samping harus berdiri saya juga merasa bagaimana rasanya ketika harus berdesakan. Tapi ketika dalam hati mengeluh kenapa harus berdesakan banyak orang yang saya lihat sangat menikmati perjalanan. Di situ baru terasa bahwa naik motor sendiri walaupun berpanas-panasan masih jauh lebih menyenangkan bagi saya daripada harus berdesakan di angkutan umum. Padahal kalau sedang naik motor ada saja keluhannya. Salut saya bagi mereka yg konsisten menggunakan moda transportasi umum. Berharap pemerintah lebih kerja ekstra keras memberi pelayanan transportasi yang ramah dan bersahabat bagi warganya.

Saya juga merasa sering merasa tertegur jika sedang di jalan melihat manusia gerobak. Manusia gerobak yang kesehariannya tinggal di gerobak tapi masih terlihat ceria dan menikmati kehidupannya. Kita yang tinggal di tempat yg layak masih seringkali mengeluh dengan keadaan yang sesungguhnya jauh lebih baik dari mereka. Beberapa kali saya lihat mereka lengkap satu keluarga, ada ayah, ibu, dan anak. Bayangkan saja mereka masih tersenyum walaupun kehidupannya hanya berkisar di gerobak yang merupakan tempat tinggalnya.

Saya juga merasa tertegur jika bertemu dengan orang yang terlihat kekurangan dari segi materi tapi bersemangat dalam menjalani setiap harinya. Banyak orang yang jika dilihat dari segi finansial tidak terlalu bagus, tetapi karena optimis dan bersemangat dalam bekerja serta selalu menikmati pekerjaannya justru lebih bahagia. Saya pernah bicara dengan seorang bapak yang setiap hari menjadi petugas fotocopy di salah satu perusahaan tetapi berhasil memberikan pendidikan terbaik buat anak-anaknya. Jika pakai hitungan matematis tentu kemampuan finansialnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dan pendidikan. Tetapi jika melihat keberhasilannya memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya karena kesungguhan dan kerja kerasnya saya merasa sangat kagum. Ini juga karena hitungan matematis Tuhan yang sering tidak terduga, rezeki yang kita dapat bukan semata gaji yang kita peroleh setiap bulan dari tempat kita bekerja.

Banyak lagi sebetulnya momentum di mana saya pribadi merasa sangat beruntung dan bersyukur. Setiap momen bisa jadi pelajaran jika kita mau melihat lebih dalam dan merefleksikannya dengan kesungguhan hati. Bersyukur membuat hati menjadi lebih lapang serta jiwa menjadi tenang. Belajar mensyukuri apa yg kita dapatkan adalah lebih penting dibanding merasa kurang terus menerus sambil meratapi kelebihan-kelebihan yg dimiliki orang lain.

Cibuntu, 27Ramadhan1435H.

Leave a Reply

