Membaca

Beberapa hari ini selera membaca saya menurun. Biasanya dalam satu hari selain koran ada saja buku yang saya baca walaupun beberapa halaman. Tetapi dalam beberapa hari ini jangankan buku, koranpun tak saya baca, saya hanya membaca berita di media online melalui handphone.

Rutinitas seringkali membuat kita malas membaca. Padahal aktivitas membaca sangat penting untuk nutrisi otak. Dari buku yang dibaca akan banyak perspektif yang dimiliki oleh seseorang dan mudah-mudahan makin bijaklah ia.

Membaca memang belum jadi menu utama harian kita semua. Tak banyak yang menjadikan membaca sebagai kegiatan rutin. Ketika saya mengajar, tak banyak siswa ataupun mahasiswa yang membaca dengan baik, minimal buku referensi utama dari topik yang disajikan. Minimnya semangat baca harus menjadi perhatian dari para pendidik. Peserta didik harus dipacu untuk membaca sebanyak mungkin dan mencoba mendeskripsikan dan menganalisis hasil bacaanya.

Referensi bacaan yang kaya akan membuat kegiatan diskusi menjadi lebih menarik karena tiap orang memiliki perspektif masing-masing berdasar bahan bacaan yang dimilikinya. Dengan banyak membaca tak ada lagi orang yang berargumen “tong kosong nyaring bunyinya” karena ‘tongnya’ sudah penuh.

Perdebatan yang terjadi di area manapun akan penuh arti karena tiap orang punya argumentasi yang didasarkan pada hasil bacaannya. Tentu akan sangat menarik. Diskusi di kelas saja berjalan efektif kalau tiap mahasiswa punya rujukan atau referensi yang kuat, apalagi kalau di level penentu kebijakan seperti di lembaga eksekutif, yudikatif maupun legislatif tiap perumusan kebijakan didiskusikan dengan menggunakan rumusan masing-masing disiplin ilmu. Tentu saja dikaitkan dengan kebutuhan dari masyarakat. Ah tentu kebijakan yang dihasilkan tak akan asal-asalan.

Setelah menulis hal ini saya pun jadi semangat kembali membaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s