Regenerasi

Salah satu arti regenerasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penggantian generasi tua kepada generasi muda atau peremajaan. Agar suatu organisasi tetap berjalan juga dibutuhkan regenerasi. Regenerasi adalah keniscayaan agar suatu organisasi tetap hidup.

Jika saya ke Bogor ke rumah Istri, beberapa kali saya membeli entah itu nasi goreng, kwetiau, mie goreng di tempat yg sama. Selain rasanya enak, yang menarik dari tempat ini adalah juru masak dan pelayannya anak-anak muda. Tentu hal biasa saja karena di mana-mana hal tersebut sering terjadi. Tak biasanya adalah mereka adalah anak penjual nasi goreng. Menurut mama yang sudah langganan sejak lama, anak-anak tersebut ada yg masih SMA maupun yg sudah kuliah. Berarti anak-anak tersebut sudah dikader oleh bapaknya untuk berusaha membantu usahanya. Saya tak pernah bertanya tapi jika melihat hal tersebut dengan atau tidak disadari Tukang Nasi Goreng tersebut sudah melakukan regenerasi.

Regenerasi memang sangat penting. Seringkali regenerasi tak berjalan dengan baik karena Orang tua atau pimpinan organisasi tidak memberikan latihan yg cukup agar anak-anak muda yang ada di organisasi tersebut siap jika suatu saat melanjutkan tampuk kepemimpinan. Banyak yang takut tersaingi dengan yg muda karena jika mereka diberikan kesempatan akan menyaingi senior-seniornya. Jika melihat beberapa partai politikpun regenerasi tak selalu berhasil karena generasi yg lebih senior tak memberi generasi junior untuk memimpin. Ada juga yang memaksakan keluarganya untuk menggantikan dirinya sebagai pemimpin tanpa melatih dan menempa si anak dengan baik sehingga terlihat kompetensi yg dimiliki oleh anak tersebut belum mumpuni.

Tukang nasi goreng tersebut memberi pelajaran bahwa agar usaha nasi gorengnya terjaga anggota keluarganya yg tak lain anaknya harus dilatih memasak dan melayani pelanggan. Terlepas mereka belum tentu akan menjadi tukang nasi goreng. Minimal si anak mendapatkan kesempatan latihan dan merasakan bagaimana berusaha dengan sebaik mungkin. Ketika suatu saat si Bapak sudah tak lagi bisa berusaha, anak-anaknya tak gagap lagi melanjutkan usaha sang bapak.
Maka tak ada salahnya kita belajar dari tukang nasi goreng.

Cibatok, 29 Desember 2014

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

3 thoughts on “Regenerasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: