Catatan Harian

Motivasi

Motivasi bisa datang kapan saja, di mana saja, ataupun dari siapa saja. Kata orang motivasi intrinsiklah yang paling mampu bertahan lama, karena hal tersebut muncul dari dalam diri seseorang dan merupakan niatan yang kuat dari diri sendiri. Tapi, manusia, terutama saya sendiri sering sekali naik turun semangatnya. Maka perlu ada yang namanya motivasi ekstrinsik, dari luar individu tersebut.

Saya termasuk yang meyakini, walaupun kita yang perlu tahu mau ke mana kita membawa diri kita tapi motivasi dari lingkungan sekitar sangatlah perlu. Dukungan keluarga dan teman-teman terdekat sangatlah penting.

Saya termasuk beruntung dikelilingi orang-orang yang selalu memberikan dorongan semangat. Dorongan mereka memberikan saya peluang untuk selalu berusaha menjelajahi petualangan-petualangan yang sebelumnya belum saya impikan.

Pertama tentu keluarga yang merupakan support terbesar. Istri, anak, Keempat orang tua (bapak, mama, papa, mama), dan adik-adik merupakan tempat kembali, supporter utama, dan tempat berbagi terbaik. Dorongan motivasi dari mereka tak perlu diragukan. Mereka selalu memberikan support terbaik, pada setiap hal yang sedang saya hadapi.

Saya juga beruntung mendapatkan lingkungan kerja yang supportif. Teman-teman kerja yang baik juga selalu memberikan inspirasi. Selain mendapat motivasi dari teman-teman kerja yang baru ini saya mendapatkan inspirasi yang luar biasa. 2 anak muda yang baru saja menjadi rekan kerja saya adalah orang-orang luar biasa. Semangat mereka dalam menulis luar biasa. Saya sebagi pemula di dunia penulisan ilmiah merasa sangat terbantu.

Teman yang baik adalah mereka yang secara tulus memberikan pertolongan bahkan tanpa kita minta, dan saya mendapatkan itu dari kedua teman saya. Selain mereka beberapa senior juga memberikan motivasi dan inspirasi yang luar biasa, dari mulai motivasi di bidang pekerjaan sampai kehidupan keluarga. Bahwa sukses, tak melulu soal keberhasilan dalam pencapaian karir, juga di rumah tangga.

Motivasi dari orang-orang di sekeliling kita sangatlah berharga. Jika sedang tak semangat berdiskusi dengan orang-orang yang baik hati ini sangatlah menyenangkan. Motivasi akan kembali berlipat-lipat dan optimisme kembali meningkat.

Diskusi dengan orang-orang yang memiliki semangat positif akan selalu menghasilkan hal-hal menyenangkan. Mereka selalu secara tulus memberikan masukan bagi perbaikan diri kita. Berbeda dengan orang-orang yang selalu bahagia melihat kita dalam kesulitan. Lebih baik kita menghindari orang-orang yang seperti ini.

Manusia yang punya aura positif akan selalu menebarkan kemanfaatan kepada sesama. Pembicaraannya selalu punya efek baik bagi sesamanya. Senang melihat orang senang adalah ciri dari manusia dengan aura positif. Mereka ada di sekeliling kita dan siap membantu kita setiap saat. Motivasi dari merekalah yang kita butuhkan. Siapa mereka akan selalu mudah terdeteksi dengan mudah. Akan selalu ada matahari yang bersedia memberikan sinarnya secara tulus kepada kita. Kita akan secara sadar menemui mereka di mana pun kapan pun. Juga kadang kita dapatkan itu dari orang-orang yang tidak kita kenal.

2 thoughts on “Motivasi”

  1. Benar sekali. Tujuan hidup memang penting tetapi kalau tidak ada motivasi dan semangat dalam menjalinnya, sama seperti manusia biasa, yang menjalani hidupnya monoton.

Leave a Reply

