Inspirasi

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Di lemari buku, ada beberapa buku yg sudah saya beli sejak lama tapi baru dijamah sedikit, di baca sedikit demi sedikit. Buku-buku ini biasanya saya dapatkan dari diskonan entah itu di Gramedia, toko buku lama, ataupun event tahunan seperti Jakarta Book Fair maupun Islamic Book Fair.

Mengisi kebosanan malam ini, saya mulai membaca beberapa buku. Ada bebeberapa yg saya baca secara cepat dan sekilas-sekilas saja tanpa menghatamkan khusus tiap buku. Karena buku-buku ini tidak secara spesifik bab demi bab tapi tulisan lepas saja. Ada buku karangan proklamator Mohammad Hatta: Menuju Gerbang Kemerdekaan, Buku Gus Mus: Membuka Pintu Langit, buku Prof. Azyumardi Azra: Jejak Jaringan Kaum Muslim dari Australia hingga Timur Tengah dan terakhir Karya Paulo Freire: Pendidikan Masyarakat Kota. Dari keempat penulis ini saya mendapatkan banyak pencerahan.

image
Teman-teman Terbaik

Siapa yg tak kenal Moh. Hatta. Proklamator RI, pemikir hebat, negarawan, sosok yg sangat mencintai bangsa ini. Sosok sederhana yg bahkan tak mampu membeli sepatu Bally yg diinginkannya karena tak punya uang. Seorang muslim yg tetap teguh dengan Iman Islamnya walaupun lama berada di Eropa.

Gus Mus almukaram, sosok yang saya idolakan. Saya mengenal beliau bukan dari ceramah tapi dari cerpen-cerpennya yang diterbitan dalam buku kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi. Sosok yg dengan keluhuran ilmu tapi tetap bersahaja. Semoga beliau dianugerahi Allah umur panjang dan tetap memberi pencerahan kepada ummat. Aamiin ya Allah. Tulisan-tulisannya penuh hikmah dan pelajaran. Menyadarkan bahwa saya masih jauh menuju jalan kebaikan seperti yg dicontohkan Rasulullah.

Prof. Azyumardi adalah intelektual yang sangat produktif. Tulisan-tulisan penuh gizi dari beliau tersebar di mana-mana: jurnal ilmiah, makalah, artikel media, dan buku-buku. Salah satu intelektual Islam yang menuliskan banyak pemikiran berkaitan dengan sejarah, politik, keagamaan, sosial, pendidikan dan isu-isu lain secara dalam dan tajam.

Paulo Freire, pemikir dan aktivis asal Brasil. Pemikirannya sangat kritis dan banyak dirujuk pendidik di seluruh dunia. Belajar dari pengalaman adalah prinsop dasar pendidikannya. Kepeduliannya pada nasib kaum miskin dan termarjinalkan tak perlu dipertanyakan. Ide-ide dan praktik pendidikan Freire selalu menjadi rujukan dan inspirasi bagi kelompok-kelompok kritis. Model pendidikan yg dianggap mencerdaskan juga mencerahkan. Sekolah menurutnya harus menjadi pusat-pusat kreativitas di mana orang mengajar dan belajar dengan rasa senang.

Lalu apa yg menjadi kesamaan tokoh-tokoh tersebut? Pertama, mereka menulisan gagasan-gagasan, ide-ide, pengalaman dan beragam aspek kehidupan. Dengan menulis maka gagasan-gagasan, ide-ide maupun pengalaman-pengalaman mereka abadi. Banyak orang yang membaca dan mendapatkan inspirasi. Termasuk saya tentunya. Kedua, mereka memperjuangkan apa yg mereka yakini secara konsisten. Keteguhan mereka memperjuangak apa yg diyakininya membuat mereka dikenang sebagai tokoh-tokoh yang luar biasa.

Dua orang tokoh yg bukunya saya baca sudah wafat, tapi pemikiran mereka tetap dibaca dan dipraktekkan. Memang yang membuat kita dikenang bukan seberapa banyak kita bicara, tapo seberapa banyak kita menulis dan berbuat sesuatu bagi kemanusiaan. Kontribusi kita dilihat dari seberapa manfaat kita bagi sesama. Bukankah Rasulullah mengingatkan, khoirunnas anfauhum linnas? Sebaik-baiknya manusia adalah yg mereka yg bermanfaat bagi sesama manusia.

Sayapun bertanya kepada diri sendiri, karya dan kebermanfaatan apa yg sudah saya dedikasikan untuk sesama? Malu rasanya kalau harus menjawab pertanyaan ini. Biarlah pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang terus bergaung dalam tiap detak nafas dan kesadaran.

Cibuntu, 15 Agustus 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s