Uncategorized

Generasi Millennial Lebih Percaya Google Ketimbang Guru?

JAKARTA – Generasi millennial lahir di saat pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini membuat mereka terbiasa hidup serbacepat dan tak mau bertele-tele. Di sisi lain, guru yang mendidik di sekolah merupakan generasi sebelumnya yang masih berpikir secara terstruktur dan bertahap.

Pada bedah buku ‘Guru untuk Republik’, Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Anggi Afriansyah mengungkapkan, perbedaan karakteristik siswa dan guru tersebut menyebabkan adanya gap komunikasi. Tak jarang, para siswa lebih suka mengakses google untuk mencari informasi ketimbang bertanya kepada guru atau ke perpustakaan.

“Problem antargenerasi, lalu siapa yang harus mengalah? Menurut saya guru yang harus belajar sebagai orang dewasa,” ujarnya di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Anggi mengungkapkan, di era sekarang guru tidak boleh merasa paling benar. Di sisi lain, sekolah perlu menjadi rumah kedua bagi siswa untuk membekali mereka di masa mendatang.

“Menghadapi cepatnya informasi, siswa harus cakap literasi supaya tidak terpengaruh hoax. Gerakan literasi sekolah menjadi kegiatan yang harus diteruskan,” sebutnya.

Pada diskusi tersebut hadir pula mantan presenter berita RCTI Astri Megatari. Menurut dia, guru memiliki peran sebagai filter para siswa dalam menerina informasi.

“Arus informasi sekarang cepat. Nah ini harus ada filter. Saringan ini bisa dibentuk dari luar maupun dalam. Dari luar bisa keluarga dan guru, sementara dari dalam ya diri sendiri dengan cara mau baca dan mau cari tahu,” tandas alumnus SMA Labschool itu.

sumber: http://news.okezone.com/read/2017/05/03/65/1682376/generasi-millennial-lebih-percaya-google-ketimbang-guru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s