SMA Labschool Jakarta Luncurkan 10 Buku Karya Siswa dan Guru

Kamis , 04 May 2017, 22:50 WIB
red: Irwan Kelana
Dok Labschool

Suasana peluncuran dan bedah 10 buku karya siswa dan guru SMA Labschool Jakarta, Rabu (3/5).

Suasana peluncuran dan bedah 10 buku karya siswa dan guru SMA Labschool Jakarta, Rabu (3/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagai sekolah yang terus memberikan ruang kreativitas dan inovasi bagi siswa dan guru, Labschool kembali memberikan bukti melalui peluncuran buku sekaligus membedah 10 buku karya siswa dan guru. Acara tersebut digelar  di Perpustakaan Labschool Rawamangun, Jakarta, Rabu (3/5).

Siaran pers Labschool yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/5) menyebutkan, 10 buku tersebut terdiri dari sembilan  buku kumpulan cerpen dan satu  buku guru karya Satriwan Salim (Guru PKN) berjudul Guru untuk Republik (Refleksi Kritis tentang Isu-isu Pendidikan, Kewarganegaraan & Kebangsaan).

Siaran pers tersebut juga menyebutkan, kehadiran sembilan  buku kumpulan cerpen karya siswa Labschool  tersebut merupakan hasil kreativitas siswa dan guru pembimbing dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan menulis para siswa perlu diasah, sebab literasi sekolah adalah tradisi yang harus dijaga. Para siswa Labschool sudah lama memulai literasi sekolah ini dengan membuat dan menerbitkan buku-buku karya inovasi siswa.

Terkait buku karya  guru, yakni  Guru untuk Republik merupakan buku yang berisi kumpulan gagasan-opini Satriwan Salim sebagai pendidik yang selama ini tertuang di berbagai media blog dan media mainstream, seperti di Republika Online dan Kompasiana. Tulisan-tulisan tersebut dikumpulkan lalu diterbitkan ke dalam sebuah buku.  “Mendidik di era generasi milenial ini memiliki ragam tantangan. Guru harus kreatif dan inovatif dalam mendisain pelajaran,” kata Satriwan.

Tulisan dalam buku Satriwan ini banyak terinspirasi dari pengalaman empiriknya di ruang kelas dan sekolah. “Guru mesti menghadirkan suasana pembelajaran yang mengundang, yang membangun dialog, memunculkan imajinasi siswa,” tutur  Satriwan.

Pada acara peluncuran dan bedah 10 buku karya siswa dan guru tersebutLabschool mengundang Anggi Afriansyah dari LIPI dan Astri Megatari, alumni Labschool yang juga mantan presenter TV.

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: