Indonesia Raya

Karena Mars Perindo yang begitu masif dan sistematis di televisi begitu menarik anak saya yang masih bocah itu. Untuk menghindari efek jangka panjang yang saya pikir tidak bagus buat kondisi psikologisnya (minimal jadi ngefans sama Perindo dan menganggap partai itulah partai idola satu-satunya–karena seringnya mendengarkan lagunya), saya dan istri pun menggunakan lagu Indonesia Raya sebagai konternya.

Cobalah sesekali mendengarkan lagu Indonesia Raya ke anak-anak. Mereka akan bersemangat berjingkrak-jingkrak. Setidaknya itu yang terjadi pada anak kami. Bagi kami ini lebih baik bagi tumbuh kembangnya.

Melalui rutinnya mendengarkan lagu Indonesia Raya, kami berusaha agar ia tak lupa identitas kebangsaannya. Agar tak pernah lupa tanah airnya, tak lupa bangsanya, dan bersemangat membangun jiwa dan raganya.

Memang seperti perkara remeh temeh. Tapi seperti yang Ki Hadjar Dewantara bilang, “pengajaran harus bersifat kebangsaan… kalau pengajaran bagi anak-anak tidak berdasarkan kenasionalan, anak-anak tak mungkin mempunyai rasa cinta bangsa dan makin lama terpisah dari bangsanya, kemudian barangkali menjadi lawan kita…”

Ki Hadjar memang menyatakan hal tersebut dalam konteks pembelajaran di Sekolah. Namun, dari rumah kami coba menguatkan kesadaran kebangsaan mulai dari kecil, mulai dari saat ini. Upaya ini mungkin selemah-lemahnya tindakan. Tapi saya ingin anak kami, sesuai namanya, mencintai nusantara dengan sekuat-kuatnya, sebangga-bangganya.

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

One thought on “Indonesia Raya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: