Memperjuangkan ASI

Asi gabagSelasa lalu genap dua tahun anak kami. Dua tahun perjuangan Istri sy untuk memberikan ASI bagi buah hati kami tercinta. Di tengah belum ramahnya masyarakat kepada para ibu yg bekerja keras memberikan ASI, saya patut memberi apresiasi setinggi-tingginya untuk mantan pacar saya ini, juga para ibu yg berjuang teguh memberikan ASI bagi putra-putrinya.

Dua tahun yg penuh tetesan keringat dan air mata. Membawa pompaan dan tas ASI ke mana-mana, mencari tempat yg aman untuk memompa dan menyimpan ASIP tak selalu mudah. Berdesakan di kereta dan moda transportasi dengan membawa tas ASIP pun bukan perkara mudah. Bergadang dan menyedikitkan tidur seringkali dilakukannya. Tak semua kantor ramah terhadap ibu bekerja yg tetap berusaha memberikan ASI bagi anaknya. Meskipun menurut aturan setiap perusahaan wajib menyediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui dan memberikan kesempatan untuk memompa ASI, tak banyak yg mengakomodir aturan tsb.

Beruntung ligkungan kerja dan profesinya tak menyulitkan tekadnya. Walaupun satu dua orang ada saja yg mempertanyakan apa yg dilakukannya. Kenapa ga pake Susu formula sih? Kan lebih praktis? Itu pertanyaan yg biasa dilontarkan. Ya biarkan saja. Setiap orang punya imannya masing2 terkait pemberian ASI atau Susu formula bagi buah hatinya masing2. Mana yg terbaik? Wallahualam. Yang jelas kami percaya asupan ASI punya kontribusi positif bagi perkembangan anak kami.

Betul jika ada yg bilang jika harapan2 terbaik bagi anaklah yg membuat kita menjadi lebih baik dan kerja lebih keras. Harapannya tentu demi kebaikan anak tercinta. Beruntung Istri sy dilimpahi ASI yg luar biasa banyak. Meskipun pada titik tertentu ia merasa begitu lelah dan letih. Kekurangan stok untuk memenuhi ASI bagi anak kami yg “rakus”.Hehehe.

Terima kasih De. Semoga Allah melimpahi beragam kebaikan untukmu.

Bagi para pejuang ASI jangan pernah menyerah.

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: