Catatan Harian, pesantren

Nisfu Sya’ban di Cipasung

Malam ini adalah malam Nisfu. Malam nisfu sya’ban paling berkesan bagi saya adalah ketika masih mesantren di Cipasung.

Malam Nisfu Syaban di Cipasung memang begitu menarik. Malam Nisfu Sya’ban di Cipasung yang saya ingat seperti momen lebaran. Setelah shalat berjamaah dan mengaji surah Yasin kami saling bersalaman dan bermaafan. Suasananya begitu haru dan khusuk. Masing-masing merenung-renungi raport yang setahun ke belakang yang rasanya buruk sekali.

Cipasung ketika saya mesantren (2002-2005) masih relatif sepi. Kami para santri juga masih belum banyak yang punya HP. Sehingga komunikasi masih menggunakan telepon di wartel.

Maka setelah selesai acara di Masjid, yang pertama dicari adalah wartel. Wartel-wartel yang ada di sekitar Cipasung mendadak akan penuh oleh santri. Antri untuk menunggu giliran menelpon ke rumah masing-masing, meminta maaf ke orangtua di rumah. Ke luar dari kamar wartel biasanya muka dan mata merah menyala karena habis menangis.

Yang tak punya telepon di rumah akan mojok dikamar tersedu sedan memikirkan kesalahan setahun ke belakang juga kesalahan kepada orangtua. Yang habis menelpon juga diam seribu bahasa karena masih kangen sama ortu tapi tak punya cukup banyak uang untuk menelpon. Tak ada saling cemooh kepada mereka yang menangis. Karena kesedihan dan kangen kepada orangtua adalah ekspresi wajar bagi kami yang jauh dari rumah. Kesedihan begitu jelas terpapar di malam Nisfu Syaban. Momen tersebut begitu melekat diingatan.

Malam ini baik untuk perenungan. Sejauh mana kita telah menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Sejauh mana kita sudah mampu menahan diri. Sejauh mana diri kita tak menganggap sosok yang paling suci. Sejauh mana kita tidak mudah merasa bahwa kita suci dan orang lain penuh dosa.

Teman, maafkan saya, kesalahan saya pasti banyak sekali. Semoga kita dipertemukan dengan ramadhan. Semoga kedamaian selalu meliputi kita semua. Semoga kita bisa menjadi orang yang penuh kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s