Pesan Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara menuliskan prasaran pada Kongres Permufakatan Persatuan Pergerakan Kebangsaan Ke I pada 31 Agustus 1928 di Surabaya.Saya membacanya dari Buku I (Pendidikan) yang merupakan kompilasi tulisan Ki Hadjar Dewantara di beragam sumber yang dibukukan oleh Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Ada dua bagian yang ia tulis, pertama mengenai Onderwijs dan Penghidupan Rakyat. Kedua tentang Pengajaran Kebangsaan. Pesan-pesan tersebut masih sangat relevan dalam kondisi kekinian. Namun, saya hanya akan menuliskan bagian yang menurut saya penting untuk kita ingat-ingat kembali.

1. Rakyat yang sudah kuat akan pandai melakukan segala usaha yang perlu atau berguna untuk kemakmuran negeri.

2. Mendidik anak itulah mendidik rakyat.

3. Untuk mendapatkan sistem pengajaran yang akan berfaedah bagi perikehidupan bersama, haruslah sistem itu disesuaikan dengan kehidupan dan penghidupan rakyat.

3. Haruslah kita memahamkan perbedaan-perbedaan golongan itu agar terwujudlah azas persatuan yang selaras (harmonis) dan menurut keadaan.

4. Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidup lahirnya, sedang merdekanya hidup batin itu terdapat dari pendidikan.

5. Manusia merdeka yaitu manusia yang hidupnya lahir atau batun tidak tergantung kepada orang lain, akan tetapi bersandar atas kekuatan sendiri.

6. Pengajaran nasional itulah pengajaran yang selaras dengan penghidupan bangsa dan kehidupan bangsa. Kalau Pengajaran bagi anak-anak kita tidak berdasarkan kenasionalan, sudah tentu anak-anak kita tak akan mengetahui keperluan juta, lahir maupun batin; lagipula tak mungkin anak-anak itu mempunyai rasa cinta bangsa dan makin lama dari bangsanya, sehingga kemudian barangkali menjadi lawan kita.

Sebetulnya ada 15 poin yang dituliskan oleh Ki Hadjar. Bagi saya 6 poin ini yang menarik sekali untuk didiskusikan ulang dalam konteks pendidikan saat ini.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s