penipu

Sore tadi istri saya ditelp nomor yang tidak dikenal. Saya kemudian mengangkatnya. Dia langsung Bapak lagi di mana? Saya bilang lagi di jalan. Dia tanya apakah saya masih mengenalnya. Dan sy jawab “ya ga kenal lah”. Dia entah bicara apa, sy loudspeaker dan tiba-tiba telponnya mati. Dia tak telpon lagi. . Saya tahu dia penipu. Dia tak tahu bawa nomor yang dia telp. milik istri saya, bukan punya bapak-bapak. Tapi langsung bicara sekolah sayalah pemilik telpon itu.

Semalam sebelumnya teman istri, mengirim rekaman pembicaraan dengan modus yang sama. Tanya kenal atau tidak, sedang di mana, masih ingat sy atau ga. Teman saya ini menjawab melantur meladeni sang penipu Yang mengaku sedang tertangkap polisi. Ia membawa satu rekannya yg mengaku sebagai polisi untuk meyakinkan korban. Dasar tukang lawak, teman sy ladeni terus, tentu saja informasi yang dia sampaikan adalah fiktif belaka. Dan si penipu percaya saja.

Tadi sore, ibu saya menginfokan bahwa ua saya ditelp orang yang mengaku sebagai saudara. Modusnya sama. Ia bilang sedang tertangkap polisi dan mohon bantuan.

Sepertinya pola-pola penipuan macam ini sedang hits lagi. Mereka telp siapanya yang bisa mereka tipu. Entah ingin menghipnotis dan minta transfer, atau ingin mengetahui lokasi tinggal kita.

Yang jelas jangan pernah sebut alamat tinggal kita, siapa nama kita, atau menduga-duga orang yang menelpon adalah orang yang kita kenal. Biasanya dia akan mengaku-ngaku nama yang kita sebut itu.

Semoga orang-orang sompretos macam ini segera bertobat. Atau pihak yang berwenang bisa segera menangkap sindikat menyebalkan ini. Semoga kita dilindungi dari tipu daya mereka.

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: