Makanya Ngaji yang Bener

Saya pernah mesantren. Tiga tahun. Waktu yang amat sebentar. Bisa ngaji? Jelas ngga. Mahir bahasa Arab? Apalagi, jauh dari mahir. Hapal berapa kitab kuning? Hapalan lepas semua, lupa. Apalagi level ngajinya masih di kitab-kitab dasar. Akhlaqul banen, safinah, tijan, jurumiyah dll. Kalau ketemu alumni pesantren beneran bawaannya minder. Mereka ngelotok nahwu sorofnya, bagus bacaan qurannya. Ngaji kitab-kitab babon. Saya? Apalah. Udah lupa semua.

Dulu kalau diajak wirid sama a Iqbal pasti saya tidur. Pas aurad atau istigosah, meskipun di tengah lapangan yang panas saya bisa tertidur. Pulas. Pernah pas ngaji sama kang Kobra, saya tidur sampe ngejengkang. Malu.

Nyesel ga bisa ngaji? Nyesel banget. Suka inget dulu ngapain aja di pesantren. Bisa ceramah? Kalau bicara ngalor-ngidul sih bisa. Tapi kalau bener ayatnya, hadistnya, dalilnya, ya saya nyerah. Yang pinter, alim, cerdas lebih banyak. Apalagi kadang emang lebih enak ngomong dibanding ngamalin. Ngamalin ilmu itu berat. Nyuruh orang berbuat baik, berbuat baiknya ya lebih susah.

Jadi penganjur kebaikan itu susah minta ampun. Apalagi mengajar soal-soal agama, soal kebutuhan dunia akhirat. Ga bisa omong doang. Harus jadi poros teladan. Makin susah. Apa yang dikatakan apalagi diperbuat bisa dijadikan pegangan orang. Ya Allah, berat banget.

Karena merasa ga cukup iman, ilmu, apalagi amal soleh maka saya ga berani nyuruh-nyuruh orang, ngajar-ngajari orang soal kebaikan. Karena, jadi orang baik aja susahnya minta ampun. Kalau ada yang nyuruh-nyuruh saya ceramah makanya saya mendingan kabur. Saya tahu, itu bukan peran saya. Kan lucu kalau pas ceramah salah kutip ayat atau ga betul penafsirannya. Bisa malu-maluin almamater saya, guru-guru saya, dan jelas bikin sesat pikir jamaah.

Saya cuma berharap ilmu yang diberikan para guru di pesantren, sekolah dulu berkah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s