Makanya Ngaji yang Bener

Saya pernah mesantren. Tiga tahun. Waktu yang amat sebentar. Bisa ngaji? Jelas ngga. Mahir bahasa Arab? Apalagi, jauh dari mahir. Hapal berapa kitab kuning? Hapalan lepas semua, lupa. Apalagi level ngajinya masih di kitab-kitab dasar. Akhlaqul banen, safinah, tijan, jurumiyah dll. Kalau ketemu alumni pesantren beneran bawaannya minder. Mereka ngelotok nahwu sorofnya, bagus bacaan qurannya. Ngaji kitab-kitab babon. Saya? Apalah. Udah lupa semua.

Dulu kalau diajak wirid sama a Iqbal pasti saya tidur. Pas aurad atau istigosah, meskipun di tengah lapangan yang panas saya bisa tertidur. Pulas. Pernah pas ngaji sama kang Kobra, saya tidur sampe ngejengkang. Malu.

Nyesel ga bisa ngaji? Nyesel banget. Suka inget dulu ngapain aja di pesantren. Bisa ceramah? Kalau bicara ngalor-ngidul sih bisa. Tapi kalau bener ayatnya, hadistnya, dalilnya, ya saya nyerah. Yang pinter, alim, cerdas lebih banyak. Apalagi kadang emang lebih enak ngomong dibanding ngamalin. Ngamalin ilmu itu berat. Nyuruh orang berbuat baik, berbuat baiknya ya lebih susah.

Jadi penganjur kebaikan itu susah minta ampun. Apalagi mengajar soal-soal agama, soal kebutuhan dunia akhirat. Ga bisa omong doang. Harus jadi poros teladan. Makin susah. Apa yang dikatakan apalagi diperbuat bisa dijadikan pegangan orang. Ya Allah, berat banget.

Karena merasa ga cukup iman, ilmu, apalagi amal soleh maka saya ga berani nyuruh-nyuruh orang, ngajar-ngajari orang soal kebaikan. Karena, jadi orang baik aja susahnya minta ampun. Kalau ada yang nyuruh-nyuruh saya ceramah makanya saya mendingan kabur. Saya tahu, itu bukan peran saya. Kan lucu kalau pas ceramah salah kutip ayat atau ga betul penafsirannya. Bisa malu-maluin almamater saya, guru-guru saya, dan jelas bikin sesat pikir jamaah.

Saya cuma berharap ilmu yang diberikan para guru di pesantren, sekolah dulu berkah.

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: