Aries dan Elektronik

Ketika pesantren, saya membaca salah satu majalah. Tapi saya lupa majalah apa itu. Di majalah tersebut ada kolom zodiak. Saya lahir di tengah bulan April, jadi saya masuk ke dalam zodiak aries. Pada saat itu, majalah tersebut menceritakan masing-masing zodiak dari aspek teknologi.

Saya lupa redaksinya, tapi hal tersebut masih terekam dengan baik di otak. Intinya, zodiak aries sangat bermasalah dengan barang elektronik, tidak akan pernah awet, cepat rusak, apapun jenis barang yang dimilikinya.

Ketika itu saya membacanya sambil lalu dan cenderung tidak mempercayainya. Dilalahnya, hingga kini, entah mengapa, saya cenderung tidak berjodoh dalam jangka panjang dengan barang-barang elektronik yang saya miliki.

Semuanya dimulai ketika saya ikut kegiatan Perspektif di Asrama Al Jihad. Acara ini mirip dengan KKN yang dilakukan mahasiswa. Kami para santri diajak ke Cijuhung, dekat Galungggung, kemudian belajar bergaul dengan masyarakat. Ada yang mengaji, mimpin tahlil, berdoa, dan kemudian dipungkas dengan jalan kaki panjang sampai ke Cipasung. Saya ketika itu baru membeli Walkman. Ketika menyusur sungai, ternyata barang tersebut terjatuh.

Di momen lain, ketika sedang menyelesaikan tesis, laptop yang saya miliki dua kali pecah LCDnya. Dua-duanya terjadi karena kebodohan diri sendiri. Pertama, ketika itu kami berdua masih ngekos. Kamar yang sempit itu tidak ada meja. Jadi saya biasa mengetik sambil gogolehean. Saking lelahnya saya ketiduran dan booom, laptopnya saya tendang. Rusak. Kedua, setelah diservis saya membuat kebodohan kembali. Pulang mengajar, laptop tersebut tidak saya masukan di tas, tetapi saya taruh di boks motor. Jelas saja bisa diketahui hasilnya ketika sampai kontrakan. LCDnya kembali pecah dan rusak.

Waktu lain, saya berfoto di sebuah pantai yang indah. Entah mengapa, yang tadinya saya selalu disiplin memasukan HP ke tas, ada momen di mana saya hanya menyimpannya di saku celana. Parahnya ketika naik ke perahu, karena harus ke tempat lain, saya polos saja berbasah-basahan ketika naik perahu tersebut. Padahal tanpa basah-basahan, saya bisa naik. Sudah bisa diduga hasilnya. HP tersebut tidak pernah bisa dinyalakan kembali. Data-data hilang, foto-foto bagus wassalam. Ambyar.

Momen terburuk dan paling menyedihkan ketika ada situasi di mana Laptop dan Ipad yang sudah payah dibeli harus ambyar dalam satu momen. Saya tak mau bercerita, meski sudah banyak teman yang tahu, karena ini sangat memalukan. Yang jelas masih ada hubungan dengan air, seperti cerita-cerita sebelumnya. Murni kecerobohan yang dilakukan secara kolaboratif antara saya dan istri. Setiap mengingat momen tersebut kami hanya termenung.

Air dan elektronik. Setiap saya membawa elektronik mendekati air, niscaya akan nada kemadaratan dan kerusakan. Semakin rumit ketika saya memang dianugerahi sifat pelupa yang begitu mendarah daging. Klop.

Makanya, ketika saya hendak membeli alat elektronik, istri selalu mewanti-wanti. Ia tahu betul saya bukan orang yang amanah terhadap barang elektronik.  Maka tahapan mengganti barang elektronik akan begitu panjang. Saya pun sadar, saya buruk ketika berelasi dengan barang elektronik.

Ketika kemarin ayah saya melihat HP saya dan bilang bahwa  itu HP sudah begitu menyedihkan, saya hanya termenung. Karena, di samping situasi sedang sulit, beli baru pun tidak jaminan itu akan awet. Selama bisa ditelpon, wa-an, browsing, nulis status FB, foto-foto, itu sudah cukup.

Wahai kaum yang berzodiak aries, apakah ada yang pengalamannya mirip dengan saya?

 

Published by anggiafriansyah

Terlahir dengan nama Anggi Afriansyah, biasa dipanggil Anggi. Sekolah Dasar di SDN Anggrek Cibitung lulus pada tahun 1999; SMP di SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi lulus pada tahun 2002; nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya sambil Sekolah di MAN Cipasung lulus pada tahun 2005; S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2009, setelah itu melanjutkan S2 di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014. Sedikit punya pengalaman organisasi sebagi Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); Bergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011). Setelah lulus sambil kuliah S2 mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, Mengajar Sosiologi (2012). Pada tahun 2012 mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru PKn selama dua tahun di SMAI Al Izhar Pondok Labu (2012-2014). Tahun 2014 mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Pancasila dan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Jakarta, Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara, dan HAM di Universitas Terbuka. Sesekali terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud mulai tahun 2009. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum Kemdikbud. Awal tahun 2015 diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai peneliti bidang Sosiologi Pendidikan dan terlibat penelitian di bidang Ketenagakerjaan. Sampai saat ini masih berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Ingin jadi peneliti, penulis, dan pengajar sukses (aamiin). Di Blog ini menulis apapun secara random yang mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri dan para pembaca. Selamat membaca, Salam Anggi Afriansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: