PROFIL

IMG_20150528_233129Halo. Nama saya Anggi Afriansyah. Biasa dipanggil Anggi.

Saya memulai  pendidikan di SDN Anggrek Cibitung dan lulus pada tahun 1999; melanjutkan ke SMP Negeri 1 Tambun, Bekasi dan lulus pada tahun 2002; kemudian punya kesempatan nyantri di Ponpes Cipasung Tasikmalaya selama tiga tahun (walaupun sangat tidak optimal dan belum jadi santri seutuhnya-sangat merasa beruntung merasakan indahnya suasana pendidikan pesantren) sambil bersekolah di MAN Cipasung dan lulus pada tahun 2005. Setelah itu saya melanjutkan S1 di Jurusan Ilmu Sosial Politik Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Universitas Negeri Jakarta dan lulus tahun 2009 dan  S2  di Departemen Sosiologi Universitas Indonesia lulus pada tahun 2014.

Saya sedikit punya pengalaman organisasi antara lain sebagai Bendahara Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting MAN Cipasung, Tasikmalaya (Periode 2003-2004); Kepala Biro Rohani HMJ Ilmu Sosial Politik (Periode 2006-2007); sempat tergabung di HIMNAS PKn namun tidak terlalu aktif, Kemudian aktif di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (PKPIS) FIS UNJ (2008-2011).

Setelah lulus sambil kuliah S2 saya mendapat kesempatan menjadi Asisten Dosen di Prodi IPS FIS UNJ mengampu Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Politik (2010-2011), dan menjadi Pengajar di Akademi Kebidanan Prima Indonesia, Mengampu Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (2011). Saya pun aktif membantu di Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial di FIS UNJ.

Saya pernah menjadi Tentor di Salemba Grup untuk Persiapan SIMAK UI, mengajar bidang studi Sosiologi (2012). Dan pada tahun 2012, saya mendapat kesempatan yang luar biasa, menjadi Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Islam Al Izhar Pondok Labu Jakarta Selatan. Namun di sana saya hanya mengajar selama  dua tahun. Tahun 2014 saya memutuskan untuk resign dan mencari tantangan baru.

Setelah resign dari SMAI A Izhar, saya diajak teman untuk mengajar di UNJ. Pada tahun 2014 akhirnya saya kembali mengajar di UNJ tetapi pada jurusan yang berbeda yaitu di UPT Mata Kuliah Umum. Saya mendapat amanah untuk mengajar MK Pendidikan Pancasila dan MK Pendidikan Kewarganegaraan. Saya pun mendapat tawaran mengajar MK Psikologi Sosial di STKIP Kusuma Negara Cijantung  juga MK HAM di Universitas Terbuka.

Saya sesekali ikut terlibat kegiatan penelitian di Kemendikbud  (Staf Ahli Kemdikbud) mulai tahun 2009-2014. Pada tahun 2014 selama beberapa bulan aktif membantu di Unit Implementasi Kurikulum (UIK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saya kemudian mengikuti tes CPNS LIPI  dan diterima di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI sebagai Kandidat Peneliti bidang Sosiologi Pendidikan. Dan sejak tahun 2015 aktif terlibat penelitian  bidang Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan.

Saya aktif menulis di beberapa Media Cetak, Online, maupun Blog. Beberapa tulisan saya sudah dimuat di Koran Berita Cianjur, Jawa Pos, Koran Jakarta, Media Indonesia, Harian Republika, Lampung Post, Radar Bangka, Radar Tasikmalaya, Padang Ekspress, NU Online, Qureta, Kumparan, dan Kompasiana.

Melalui Blog ini saya menulis apapun secara random. Meskipun lebih banyak tulisannya adalah mengenai Pendidikan, Pendidikan Kewarganegaraan Kebangsaan, dan Pesantren. Moga-moga sumbang pikiran di Blog ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan khalayak umum.

Saya dapat dikontak di:
Email: afriansyah.anggi@gmail.com
FB: Anggi Afriansyah
twitter: @anggiafriansyah

Selamat membaca,
Salam,

Anggi Afriansyah

Advertisements

8 thoughts on “PROFIL

  1. oj says:

    Senang membaca tulisan-tulisan Pak Anggi di sini. Inspiring. Saya banyak belajar. Terima kasih Pak Anggi. Salam, semangat selalu. OJ

  2. Arie Hendrawan says:

    Blog yang sangat bermanfaat. Tulisan-tulisan di dalamnya –terutama yang berkaitan dengan pengalaman sebagai guru PPKn– begitu membantu saya dalam “pengabdian” sebagai guru PPKn. Meskipun saat ini anda sudah tidak lagi menjadi guru (tetapi, Dosen), saya akan senang sekali jika tetap dapat membaca catatan-catatan harian anda sebagai pengajar. Salam kenal, Pak.

    • anggiafriansyah says:

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya mas. Alhamdulillah jika bermanfaat. Insya Allah sy akan tetap menulis walaupun saat ini sudah tidak mengajar dan lebih fokus di dunia penelitian. Karena memang saat banyak hal bisa ditulis ketika saya mengajar di sekolah maupun kampus. Sukses terus utk studi maupun mengajarnya Mas.

      Salam,
      Anggi

  3. arofa says:

    wah saya berminat dulu jadi guru ppkn tapi apa daya saya malah salah jurusan 🙂 tulisan pak anggi baguus banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s